YUK KITA CARI TAHU LEBIH DALAM PENYAKIT KISTA DAN BAGAIMANA CARA MENCEGAH KISTA, PENYAKIT YANG SANGAT MERUGIKAN KESEHATAN



Kista yaitu tumor jinak yang terbungkus oleh suatu selaput seperti jaringan seringkali di temui di organ reproduksi wanita. Kista biasanya berupa kistik serta berasa seperti cairan kental, namun da juga yang berupa seperti anggur. Di dalamnya, ada yang diisi udara, nanah, cairan, atau bahan yang lain. Tumor itu letaknya terpisah dari jaringan normal yang ada di sekitarnya hingga tidak bisa menebar kemana-mana. Tumor jinak ini relatif lebih gampang dimusnahkan lewat cara bedah serta tak membahayakan pasien. Kista dibagi jadi dua yakni kista neoplastik serta non-neoplastik. Kista neoplastik pada umumnya mesti di operasi, namun tergantung karakter serta ukurannya. sedang kista non-neoplastik bersifat jinak serta anak mengempis sendiri sesudah 2 - 3 bln..

Kista bisa mempengaruhi siklus haid pada wanita karena system hormonal terganggu oleh kista. Karena hormon bakal meregulasi perkembangan sel telur. Follicles yaitu kantung-kantung di dalam ovarium serta diisi sel telur. Pada pasien kista, follicles di dalam ovarium jumlahnya cuma sedikit serta Sel telur didalam follicles tak masak, hingga sel telur tak dapat masuk ke ovarium. hal semacam ini bakal menimbulkan terbentuknya Kristal didalam ovarium. Hal inilah yang bisa mengakibatkan seseorang wanita jadi mandul.

Wanita yang di diagnosis menderita umumnya berusia 20 - 30 th.. Serta umumnya ada salah satu dari anggota keluarganya yang alami tanda-tanda sama. Terkecuali tumbuh pada ovarium, kista dapat juga tumbuh di sekitar vagina serta didaerah vulva yakni sisi luar dari alat kelamin wanita. Kista yang tumbuh didaerah vagina seperti inklusi, duktus gartner, endometriosis, serta adenosis. Sedang kista yang tumbuh didaerah vulva seperti pada kelenjar bartholini, kelenjar sebasea, serta inklusi epidermal.

Sebagian penyebab munculnya Kista Pada Wanita yaitu :

1. Mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak serta kurang serat
2. Zat tambahan pada makanan.
3. Akibat dari Kurang olahraga
4. Kerap Mero*ko*k serta mengkonsumsi alkohol
5. Akibat dari Terpapar dengan polusi serta agen infeksius
6. Kerap merasakan stress
7. Ada Aspek genetic

Gejala-gejalanya mencakup :
1. Siklus menstruasi yg tidak teratur. Sebagian pasien kista, ada yang alami terlambat menstruasi ada pula yang terjadi perdarahan di dalam menstruasi serta darah keluar banyak.

2. Keluarnya darah menstruasi yg tidak seperti umum. Kadang banyak Kadang terlalu sedikit.

3. Biasanya sering diketemukan pasien kista yang alami pembengkakan atau pembesaran di bagian perut.

4. Rasa Nyeri yang sangat sakit dibagian perut.

5. Mengalami Rasa sakit atau ngilu seperti digigit semut di bagian bawah perut kiri serta parut kanan secara bertukaran.

6. Nyeri perut dibagian bawah.

Langkah mencegah Penyakit Kista Pada Wanita, diantaranya yaitu :

1. Kurangi makanan yang berlemak tinggi

Lemak dalam jumlah besar bisa mengakibatkan ada masalah hormon serta tingkatkan hormon cotisol. Hormon cortisol ini yaitu hormon yang menyebabkan ada penyebab stres.

2. Menjaga gaya hidup yang sehat

Yakni dengan berolahraga dengan teratur serta jauhi rokok.

3. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Makanan yang mengandung antioksidan bakal melawan radikal bebas baik yang dihasilkan oleh polusi debu ataupun bahan kimia lainnya.

4. Menggunakan pil kb

Alat kontrasepsi berupa oral atau pil kb bisa meminalisir resiko seorang bakal terserang kista, karena alat ini dapat menghindar produksi sel telur.

Tersebut sebagian informasi perihal Kista. Sebelum terlambat, ubahlah pola hidup kita agar badan kita tak jadi sarang penyakit.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.