Inilah Keindahan Pulau Derawan Yang Wajib Kita Kunjungi



Kepulauan Derawan adalah gugusan pulau yang terdapat di Selat Makassar serta masuk wilayah administrasi Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan timur.

Beberapa pulau yang ada di Kepulauan Derawan diantaranya Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, Pulau Samama serta Pulau Panjang. Perairan di sekitar Kepulauan Derawan kaya karang serta biota laut sebagai tempat wisata selam. Sedikitnya ada 18 titik tempat penyelaman disana. Di sekitar Pulau Derawan sendiri, keindahan karang serta ikan telah dapat di nikmati dengan pola penyelaman slope dangkal 5-25 meter.

Selain Pulau Derawan, ada Lokasi Pulau Kakaban yang terbagi dalam karang atol serta membuat danau di dalam laut. Didalam danau itu tinggal ribuan ubur-ubur yg tidak mempunyai sengat. Danau Kakaban yaitu salah satu dari dua habitat ubur-ubur tanpa ada sengat yang sudah diketemukan didunia. Habitat yang sama bisa diketemukan di Kepulauan Palau, Micronesia di Samudera Pasifik.

Pesona Kepulauan Derawan yang lain ada di sekitar Pulau Sangakali yang disebut lokasi konservasi penyu yang dikelola Kementrian Kehutanan. Dari semua Kepulauan Derawan, Pulau Sangalaki yang mempunyai luas daratan 12 hektar jadi tempat bertelur penyu paling besar. Ada dua spesies penyu yang biasa bertelur di Pulau Sangalaki yaitu penyu hijau serta penyu sisik. Penyu hijau paling banyak didapati bertelur di Pulau Sangalaki pada malam hari.

Di perairan sekitarnya ada taman laut serta terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, ada karang yang di kenal juga sebagai “Blue Trigger Wall”
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.