PERINGATAN BAGI ORANG TUA! JANGAN BIARKAN ANAK MEMBAWA TAS TERLALU BERAT, AKAN BERAKIBAT FATAL, INI PENJELASANYA



Tas yaitu salah satu keperluan anak sekolah yang tidak dapat dipisahkan. Tetapi, tidak jarang kita lihat mereka malah keberatan membawa beban di tas sekolahnya. Ini bikin banyak orang-tua bertanya, apakah membawa tas sekolah terlampau berat aman untuk perkembangan anak? Apakah ini akan membuat anak jadi pendek?

Sesungguhnya sampai sekarang ini, tak ada bukti tentang tas sekolah yang terlalu berat bisa menghambat perkembangan seorang anak. Tetapi, studi dalam jurnal Pediatric Physical Terapi mengungkapkan, bahwa tas yang terlalu berat, bisa membuat badan cenderung membungkuk. Ini karena konsekuensi dari berubahnya titik berat badan.

Dengan badan yang membungkuk, jadi badan akan tampak lebih pendek. Hingga, seolah-olah pertumbuhannya terhalang. Selain badan akan jadi bungkuk, membawa tas yang terlalu berat juga mengakibatkan nyeri dibagian lower back.

Karenanya, sebaiknya berat beban didalam tas anak cuma 10%-15% dari berat tubuh mereka, terlebih bila anak sering mengeluh perihal tas mereka yang terlampau berat.

Selain itu, sebaiknya jauhi penggunaan tas yang cuma bertumpu pada satu diantara pundak, seperti tas selempang. Tas yang terlalu berat di satu diantara bahu, bakal menimbulkan kompensasi pada badan dengan menambah bahu itu. Dampak yang diakibatkan dalam periode waktu panjang yaitu, menderita pembengkokan tulang belakang.

Walau belum ada bukti, bahwa tas sekolah yang terlalu berat bakal menghalangi pertumbuhan anak, baiknya beban didalam tas yang dibawa harus dibatasi, untuk hindari risiko yg tidak diinginkan, seperti bentuk tulang sebagai tidak normal.

sumber : FORUM VIVA
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.