ANDA HARUT TAHU, INI ADA 7 CARA MENOLONG YANG TERKENA GIGITAN ULAR, DI BACAYA JANGAN DI BIARKAN



Bisa merupakan toksin yang dipunyai oleh rucan salah satunya serta berbentuk membunuh walau maksud ular itu untuk menjaga diri karena mereka menganggap jiwanya sudah terancam oleh kehadiran kita.

Ular yaitu salah satu hewan yang sering kali menggigit manusia. Tidak seluruhnya ular berbisa, hanya ular-ular dengan jenis tertentu saja yang bisa membahayakan karena berbisa.

Bila ada teman atau saudara kita yang tergigit ular berbisa, apapun macamnya, selekasnya berikanlah pertolongan pertama dibawah ini saat sebelum dibawa ke rumah sakit.

Luka yang disebabkan karena gigitan binatang berbisa dapat berbentuk ringan dan berat.

Bila gigitan termasuk juga ringan serta tak berdarah dan tak ada bahaya bermakna, cukup bersihkan bersih dengan memakai sabun. Sebelum luka ditutup, oleskan terlebih dulu dengan antibiotik supaya tak berlangsung infeksi.

Untuk pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk penderita gigitan ular yaitu seperti berikut.

7 Langkah Pertolongan Pertama pad Gigitan Ular 

1. Tenangkan korban. 

Karena tidak semua gigitan ular memiliki kandungan dapat yang beresiko, bahkan juga bila yang menggigit yaitu dari spesies ular berbisa.

2. Kurangi gerak. 

Karena gerak yg tidak butuh cuma akan bikin bisa ular menebar lewat aliran darah.

3. Amankan korban dari tempat kejadia. 

Terlebih pindahkan korban dari tempat agak jauh dari lokasi gigigit ular.

4. Baringkan dengan posisi lebih rendah dari jantung.

Saat membaringkan penderita, upayakan bagian badan yang digigit diposisikan lebih rendah dari jantung agar toksin tak menebar ke jantung.

5. Bersihkan luka. 

Bersihkan luka dengan memakai sabun serta airt masak lalu tutup dengan kain kasa.

6. Ikat kuat-kuat daerah sekitar luka. 

Ikatan yang kuat di sekitar sisa gigitan bisa menghalangi penyebaran racun hingga mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

7. Larikan ke rumah sakit. 

Sesudah seluruhnya dilakukan, segera larikan ke rumah sakit atau dokter-dokter paling dekat. Serum antibisa ular dapat didapatkan di Puskesmas atau tempat praktek dokter.

Bila dalam perjalanan ke rumah sakit, korban alami muntah-muntah, tempatkan dalam posisi duduk atau berbaring untuk memastikan muntahannya tak menyumbat saluran napas.

Spesial untuk gigitan dari ular " Derik " yang toksin atau bisanya sangat kuat, kemungkinan kerusakan jaringan pada loksasi gigitan malah akan bertambah jik sekitar luka diikat dengan kuat.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.